Friday, December 14, 2012

Cara Melakukan Start Jongkok


Gerakan lari jarak pendek dibagi menjadi tiga tahapialah: star, gerakan lari cepat (sprint), gerakan finis.
Start 
Dalam perlombaan lari, ada tiga cara star, ialah : 
- star berdiri (standing start) 
- star jongkok (crouching start) 
- start melayang (flying start) dilakukan hanya untuk pelari ke II, III dan IV dalam lari estapet 4 x 100 m.
Teknik Start 
Sikap start pada aba-aba bersedia 
Perhatikan!!! Pada aba-aba bersedia pelari maju menuju garis start untuk menempatkan kaki tumpu pada balok start, kaki yang kuat diletakan di depan. letakkan tangan tepat di belakang garis start. 
Hal-hal yang penting dalam sikap start: 
1. Letak tangan lebih lebar sedikit dari bahu, jari-jari dan ibu jari membentuk huruf V terbalik, bahu condong ke depan/sedikit di depan tangan, lengan lurus. 
2. Kepala sedemikian rupa sehingga leher tidak tegang, mata memandang ke lintasan kira-kira 2m atau pandangan di antara kedua lengan menghadap garis star. 


3. Tubuh rileks/ tidak kaku 
4. Pikiran dipusatkan pada aba-aba berikutnya. 
5. Jarak letak kaki terhadap garis star tergantung dari bentuk sikap yang dipegunakan: 
Bunch start/start jongkok jarak pendek 
Letak kaki belakang terpisah kira-kira 25 – 30 cm. ujung kaki belakang ditempatkan segaris dengan tumit kaki muka bila dalam sikap berdiri. Jarak kaki dari garis star kira-kira: kaki depan 45 cm, kaki belakang 70 cm, tergantung dari panjang tungkai.
Medium start/start jongkok jarak menengah 
Pada waktu sikap berlutut, letak lutut kaki belakang di samping ujung kaki depan, jarak kaki dari garis star kira-kira kaki depan 37 cm, kaki belakng 85 cm, tergantung dari panjang tungkai. 
longated start/start jongkok jarak jauh 
Pada waktu sikap lutut, letak lutut kaki belakang di samping bagian belakang dari tumit kaki depan, jarak kaki dai agis star kira-kira: kaki depan 32 cm, kaki belakang 100 cm, tergantung dari panjang tungkai masing-masing pelari. 
Gerakan pada aba-aba Siap 
Angkat pinggul kearah atas hingga sidikit lebih tinggi dari bahu, jadi garis punggung menurun kedepan. Berat badan lebih kedepan. jaga keseimbngan sampai aba-aba berikutnya bunyi pistol. Kepala rendah, leher tetap rileks (santai aja!), pandangan ke arah garis star di antara bawah tangan. Lengan tetap lurus/ siku jangan bengkok. Pada waktu mengangkat pinggul disertai dengan mengambil nafas dalam-dalam. yang paling penting konsentrasi penuh pada bunyi pistol/ bunyi sempritan atau bunyi lainya yang disepakati bersama. 
Gerakan pada saat aba-aba Ya atau Bunyi Pistol 

2 comments:

  1. Salam olahraga dan salam kenal, Yuk kita saling berbagi materi penjasorkes melalui media Blog. Agar peserta didik lebih paham dan mudah belajar Penjasorkes.

    ReplyDelete
  2. itu gerakan pada saat aba aba ya nya belom selesai yaa?

    ReplyDelete